Menyusun Laporan Hasil Observasi
Nama : Tri Napoleon Ramadhani
Kelas : X MIPA 2
No. Absen : 33
B. Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi
Kegiatan 1: Melengkapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi.
Tugas: Halaman 25
1. Apakah dalam teks laporan hasil observasi di atas terdapat (a) pernyataan umum tentang hal yang diobservasi, (b) deskripsi bagian objek yang dilaporkan, (c) manfaat objek yang dilaporkan?
Jawab :
(a) Pernyataan umumnya terdapat pada paragraf 1 yaitu :
Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Masyarakat suku Badui di Banten termasuk salah satu suku yang menerapakan isolasi dari dunia luar. Itulah salah satu keunikan Suku Badui sehingga wajar mereka sangat menjaga betul 'pikukuh' atau ajaran mereka, entah berupa kepercayaan dan kebudayaan.
(b) Deskripsi bagian objek yang dilaporkan
Deskripsi bagian objek yang dilaporkan pada teks Mengenal Suku Badui terdapat pada paragraf 2-6
(c) Manfaat objek yang dilaporkan
Teks laporan hasil observasi teks "Mengenal Suku Badui" tidak terdapat deskripsi manfaat pada akhir teks, hanya terdapat pernyataan umum dan deskripsi bagian saja.
2. Apabila teks laporan hasil observasi tersebut tidak lengkap, lengkapilah isi teks laporan hasil observasi tersebut sehingga menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap.
Jawab :
1) Paragraf 6
Badui luar merupakan orang-orang yang telah keluar dari adat dan dan wilayah Badui Dalam. Ada beberapa hal yang menyebabkan dikeluarkannya warga Badui Dalam ke Badui Luar. Pada dasarnya, peraturan yang ada di Badui Luar dan Badui Dalam itu hampir sama, tetapi Badui Luar lebih mengenal teknologi dibanding Badui Dalam.
2) Paragraf 7
Menambahkan deskripsi manfaat pada akhir teks.
Salah satu manfaat mengenal suku Badui diantaranya, kita dapat mempelajari banyak kearifan lokal suku ini. Meski jauh dari peradaban, tetapi suku Badui tetap mempertahankan budaya dan tradisi nenek moyangnya. Sehingga kemurnian dan semangat gotong royong suku ini dapat menjadi contoh bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia pada umumnya.
Kegiatan 2: Membenahi Kesalahan Isi Laporan Hasil Observasi.
Halaman 27 (kutipan 1 dan kutipan 2)
Halaman 28 (kutipan 3 dan kutipan 4)
Halaman 27 (kutipan 1 dan kutipan 2)
Diantara dua kutipan teks tersebut, manakah bagian pernyataan umum dan pengklasifikasian yang lengkap? Jelaskan alasanmu!
Jawab :
Kutipan 1 : Merupakan kutipan berciri pernyataan umum. Hal ini karena kutipan tersebut menyajikan informasi umum tentang obyek yang dilaporkan yakni ikan paus. Meskipun bagian akhir kutipan tersebut menyatakan jenis ikan paus, namun informasi itu tidak disertai informasi lebih lanjut.
Kutipan 2 : Merupakan kutipan berciri pengklasifikasian. Hal ini karena kita dapat menemukan gamblang bahwa sebagian besar kutipan tersebut digunakan untuk menjabarkan jenis-jenis sungai sebagai objek yang dilaporkan.
Halaman 28 (kutipan 3 dan kutipan 4)
Analisislah apakah pernyataan umum dan pengklasifikasian pada kedua kutipan tersebut sudah memenuhi syarat? Jelaskan alasanmu!
Jawab :
Kutipan 3 : Tidak memenuhi syarat, karena hanya menyajikan pengklasifikasian tanpa persyaratan umum.
Kutipan 4 : Sudah memenuhi syarat, karena keduanya strukturnya tersaji lengkap.
Tugas: Halaman 31
A. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah kalimat definisinya sudah tepat?Jelaskan alasanmu!
Jawab :
Kalimat definisi yang digunakan pada teks sampah tersebut sudah tepat, karena sudah menjabarkan informasi mendasar tentang masing-masing dengan obyek terperinci serta sudah menggunakan kata konjungsi adalah, ialah, yakni merupakan, dan yaitu untuk memperjelas maksud dari obyek yang dijelaskan. Hal ini dapat dibuktikan pada definisi sampah anorganik,organik,sampah,maupun sungai.
2. Apakah pengklasifikasian objek yang diobservasi sudah disajikan dalam kalimat yang tepat?Jelaskan alasanmu!
Jawab :
Pengklasifikasian objek yang diobservasi sudah disajikan dalam kalimat yang tepat. Karena pengklasifikasian sebuah objek yang baik harus menyebutkan dasar pengklasifikasian dan jumlah keanggotaannya. Hal ini dapat dibuktikan pada pengklasifikasian sampah yang dibagi menjadi dua jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah anorganik.
3. Apakah urutan penyajian dalam deskripsi bagian telah mengikuti urutan pengklasifikasian objek yang diobservasi?Jelaskan alasanmu!
Jawab :
Urutan penyajian dalam teks deskripsi sampah tersebut belum mengikuti urutan pengklasifikasian objek yang diobservasi. Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat urutan klasifikasi sampah dimana sampah organik dahulu, baru kemudian sampah anorganik. Tetapi pada deskripsi bagian yang dibahas adalah sampah anorganik (paragraf 2) kemudian baru sampah organik (paragraf 3).
4. Apakah dalam teks laporan hasil observasi tersebut telah terdapat deskripsi manfaat?
Jawab :
Teks laporan hasil observasi tersebut sudah terdapat deskripsi manfaat, hal ini dapat dibuktikan pada paragraf terakhir (paragraf 4) berikut bunyi teksnya "Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusia dapat mengolahnya dengan baik".
5. Apakah dalam teks tersebut terdapat kalimat yang tidak padu/menyimpang dari topik yang dibahas?
Jawab :
Benar sekali, teks tersebut masih terdapat kalimat yang menyimpang dari topik yang dibahas antara lain :
1. Terdapat pembahasan sungai yang terlalu berlebihan dianggap sudah menyimpang dari topik teks utama yaitu sampah. Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat definisi sungai dan penyalahgunaan sungai, yang mana kaitannya dengan sampah sebagai topik utama masih jauh.
2. Terdapat pernytaan yang saling bertentangan satu sama lain. Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat "Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi". Ke tidak paduan dan saling bertentangan pada teks yang sama menerangkan bahwa sampah memiliki manfaat jika diolah dengan baik. Salah satunya adalah manfaat ekonomi.
B. Berdasarkan hasil pekerjaanmu diatas, benahilah teks laporan hasil observasi di atas sehingga benar isi laporannya!
Jawab :
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam ,manusia,konsumsi,nuklir,industri,dan pertambangan. Sampah dibumi ini akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh manusia maupun alam. Berdasarkan sifat dan bentuknya, sampah dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik.
Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dan biasanya mudah membusuk. Contoh sampah organi adalah sisa makanan,sayuran,dan daun-daun. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan. Contoh sampah anorganik adalah plastik,kayu,kaca,kaleng.
Dewasa ini sampah semakin bertambah terutama di kota-kota besar Jakarta dan Surabaya. Perlu disadari bahwa pelestarian lingkungan hidup bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, tetapi tanggung jawab kita semua.
C. Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Kegiatan 1: Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.
Tugas 1: Halaman 34 dan 35
HAL : 34
Selanjutnya, lakukan analisis kebahasaan sebagaimana contoh di atas. tulislah hasil analisis kamu dalam tabel seperti dalam contoh berikut!
jawab :
Paragraf ke : 1
1) Kata Nomina : Sampah
Frasa Nomina :
Barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi.
2) Kata Nomina : Sungai
Frasa Nomina :
Aliran sungai yang mengalir dari hilir ke hulu
Tempat kegiatan yang membantu manusia
Paragraf ke : 2
3) Kata Nomina : Sampah anorganik
Frasa Nomina :
Sampah yang sulit diuraikan, tidak bisa hancur dengan alami
4) Kata Nomina : Limbah
Frasa Nomina :
Limbah bahan kimia yang tidak mudah dihancurkan
.
Paragraf ke : 3
5) Kata Nomina : Sampah organik
Frasa Nomina :
Sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk.
HAL : 35
Selanjutnya, lanjutkan dengan mencari 10 kata dan frasa verba dalam teks laporan hasil observasi lainnya yang telah kamu baca.
Jawab :
Paragraf ke : 1
1) Verba : Sungai
Frasa Verba : Aliran sungai yang mengalir dari hilir ke hulu.
2) Verba : Sampah
Frasa Verba : Barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi.
Paragraf ke :2
3) Verba : Sampah anorganik
Frasa Verba : Sampah yang sulit diuraikan, tidak bisa hancur dengan alami
4) Verba : Limbah
Frasa Verba : Limbah bahan-bahan kimia yang tidak mudah diuraikan
5) Verba : Jenis
Frasa Verba : Jenis sampah anorganik adalah plastik, wadah detergen, dan plastik sisa bungkus makanan.
6) Verba : Daur ulang
Frasa Verba : Daur ulang dapat membuat barang yang bernilai guna.
Paragraf ke: 3
7) Verba : Sampah organik
Frasa Verba : Sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk.
8) Verba : Limbah rumah tangga
Frasa Verba : Limbah rumah tangga yang mudah membusuk
9) Verba : Limbah ternak
Frasa Verba : Limbah ternak yang tidak dikelola terlebih dahulu
10) Verba : Contoh sampah organik
Frasa Verba : Daun,sayuran, sisa bumah, limbah kayu sisa dan limbah pembuangan kotoran sapi.